Kamis, 21 November 2013

Kisi-kisi TKB CPNS

Selamat pada kalian yang telah menjalani tes CPNS tahap pertama (TKD). Nah, meskipun ada pengumuman resmi mengenai hasil tes ini, nggak ada salahnya kan untuk mempersiapkan tes selanjutnya. Tes selanjutnya yaitu tes TKB (Tes Kemampuan Bidang). Tes ini wajib diikuti setelah Anda dinyatakan lulus tes TKD.

Seperti apa bentuk dan soal tes TKB CPNS itu? Berbeda dengan tes TKD yang soalnya dibuat oleh Pusat, materi Tes Kompetensi Bidang (TKB) ini dibuat oleh instansi yang bersangkutan sesuai dengan bidang yang dipilih oleh peserta tes CPNS.  Tes kompetensi bidang (TKB) akan berbeda di tiap kementerian/lembaga. Tergantung dengan spesifikasi kebutuhan yang dicari oleh kementerian/lembaga yang bersangkutan. Pelaksanaan ujian TKB bisa dilakukan dengan wawancara terhadap calon pelamar untuk mengetahui kompetensi bidang mereka. Tentu ini akan berbeda di tiap instansi tergantung dengan bidang masing-masing.

Apa saja kisi-kisi dari tes TKB ini? Seperti telah dijelaskan sebelumnya, tes ini materinya sesuai dengan bidang yang dilamar oleh peserta CPNS. Misalnya Anda melamar di bidang Kesehatan atau Kementerian Kesehatan, tentu saja soal-soalnya yang berkaitan dengan bidang kesehatan, dan seterusnya.

Namun secara umum, kisi-kisi materi tes TKB ini terdiri dari:
- latar belakang/sejarah bidang yang Anda lamar
- istilah-istilah bidang bersangkutan
- berbagai macam perundang-undangan mengenai bidang yang bersangkutan
- dan semua hal yang bersangkutan dengan bidang spesifikasi yang Anda lamar.

Nah, jika Anda ingin belajar soal-soal TKB untuk latihan persiapan menghadapi tes besok, Anda bisa mempelajarinya di pusatnya soal-soal cpns

Tidak ada komentar:

Posting Komentar